Berbicara mengenai in-store marketing, tata letak display produk sangat erat hubungannya dengan dunia ritel. Bagaimana suatu produk harus bersaing dengan ribuan produk lain agar terliat menonjol di mata konsumen adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari, tetapi bukan hanya itu saja yang penting dalam dunia ritel. Mari kita simak apa yang dikatakan Philip Kotler tentang dunia ritel dan persaingannya saat ini.
Bagaimana para manufaktur besar bisa mengatasi kekuatan mega-retailers yang terus bertumbuhan agar tetap menjual produk-produk mereka ?
Strategi apa yang dapat digunakan oleh peritel kecil untuk berkompetisi dengan pesaing-pesaing besar seperti Wal-Mart ?
Kedua, peritel harus memiliki diferensiasi yang menonjol dalam hal customer-service serta lebih intim melayani pelanggan. Ritel-ritel kecil jelas tidak mampu bersaing dalam hal biaya dan harga, sebab operasional ritel besar seperti Wal-Mart pasti lebih baik. Tetapi, peritel kecil dapat mengalahkan Wal-Mart dalam hal pelayanan dengan mengenal para pelanggan lebih intip, memberikan pelayanan dan bahkan mengantisipasi kebutuhan pelanggan dengan baik pula.
*) Disadur dari buku Marketing According to Kotler
Dikutip dari Majalah Marketing edisi No. 08/VII/Agustus/2007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar